Pulau Menjangan


Pulau Menjangan

Pulau Menjangan (surga bawah laut yang tersembunyi di Bali barat)

Banyak yang belum mengenal tentang nama besar pulau di bali barat ini. padahal pada era tahun 70 an pulau ini dikenal sebagai dive site pertama di bali, bahkan sebelum ditemukanya beberapa spot penyelaman terkenal di Bali seperti Tulamben, Nusa Penida ataupun Padang Bai.

Bagi penduduk asli Bali sendiri Pulau Menjangan terkenal dengan pura-pura nya antara lain Pura Taman atau Beiji, Pura Kebo Iwo, Pura Gajah Mada, Pura Dewi Kwan Im, Pura Ganesha, Pura Piningit Klenting Sari dan Pura Giri Kencana. Namun bagi kalangan pecinta wisata air baik snorkeling, diving ataupun freedive, tidak ada satupun yang meragukan keindahanya. Pulau yang dikenal sebagai “the most beautiful wall diving in Bali” ini mempunyai 10 titik penyelaman yang terkenal antara lain : Underwater Cave, Temple Point, Mangroove Point, Coral Garden, Dream Wall, Anchor Wreck, Sandy Sloope, Els Garden, Peti, dan Bat Cave.

Di setiap titik penyelaman mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri berdasarkan namanya. Dropp off yang megah dari kedalaman 10 meter hingga 60 meter bagi penyelam scuba diving pulau menjangan menyajikan dinding lukisan terumbu karang yang berwarna warni, tidak heran jika konon sebagian besar jenis biota laut yang ada di bali terdapat di pulau menjangan karena lokasinya yang sangat cocok untuk ekosistem
beraneka ragam hayati yang ada di dalam laut. selain terumbu karangnya yang warna warni bawah laut pulau menjangan terdapat berbagai jenis ikan yang melimpah, bahkan tidak jarang para penyelam bertemu beberapa hiu, hiu paus, penyu dan berapa jenis udang.

Menikmati keindahan pulau menjangan tidak harus diving, tapi cukup dengan snorkeling ataupun menyelam bebas yang sensasinya tidak kalah menarik. Selain keindahan hayati bawah lautnya yang mempesona, pulau menjangan juga memiliki keindahan landscape yang tidak kalah cantik seperti tumbuh-tumbuhan yang terjaga kelestarianya, serta savana yang unik dan beberapa Pura peribadatan umat hindu yang berkarakter.

Seperti namanya pulau menjangan dihuni oleh puluhan “menjangan” yang artinya rusa atau kijang, Tidak berpenghuni. Adapun orang yang tinggal di pulau itu tidak lebih hanya sebagai penjaga pura tertentu saja untuk menjaga kelestarian alamnya, oleh karena itu pulau menjangan ditetapkan sebagai salah satu bagian dari taman nasional Bali Barat. Untuk berkunjung ke pulau ini harus mengantongi izin dari dinas Taman Nasional Bali Barat.

Ada dua akses menuju pulau menjangan, yaitu dari Labuhan lalang dan teluk banyuwedang. Keduanya mempunyai keunikan masing-masing. Di labuhan
lalang pengunjung bisa melakukan tracking mangroove atau hutan bakau sebelum atau sesudah ke pulau menjangan, sedangkan teluk banyuwedang punya ciri khas yaitu shower air panas belerang alami, bahkan kini ada pula pantai pasir putih baru yang dikelola oleh penduduk sekitar teluk banyuwedang. Namun ada pula yang terkadang mencoba menyeberang dari watu dodol banyuwangi. Sayangnya di watu dodol belum tersedia sarana dan prasarana yang memadai, seperti kapal boat yang belum standar, tidak disediakanya fasilitas pelampung, alat snorkeling, bahkan asuransi keselamatan. Perjalanan perahu ke Pulau Menjangan membutuhkan waktu antara 20-30 menit, tergantung pada cuaca dan beban perahu. Dalam perjalanan menuju Pulau Menjangan, di kejauhan tampak pemandangan gunung api di Jawa Timur-Prapat Agung yang megah dan sangat indah jika dinikmati pada saat Matahari terbenam.

Karena pulau ini merupakan pulau kecil yang tak berpenguni maka disini tidak akan ditemukan rumah makan atau minimarket. Bila berkunjung ke Pulau Menjangan pastikan untuk membawa bekal yang cukup, serta obat-obatan dan keperluan lainnya sehingga dapat menikmati keindahan alam Pulau Menjangan dengan baik. Setelah perlengkapan sudah dipersiapkan semuanya maka bersiaplah untuk melihat keindahan Taman Laut dengan beraneka ragam warna kehidupan alami yang masih terjaga kelestariannya, jangan ragu untuk menyelam dan mengelilingi pulau Menjangan Bali karena bagi masyarakat Indonesia inilah salah satu kebanggaan yang kami punya untuk di explore dan dilestarikan.

+ There are no comments

Add yours